Beragam Burung Puyuh Hias yang Indah Bulu dan Suaranya, Ada yang Berjambul

Burung puyuh jenis (Coturnix coturnix) dipelihara untuk memproduksi telur atau diambil dagingnya. Tak semua burung puyuh merupakan hewan ternak untuk kebutuhan konsumsi. Ada juga burung puyuh hias yang memiliki keindahan warna bulu dan suaranya.

Berikut beragam jenis burung puyuh hias:

Burung puyuh jenis ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Puyuh sengayan jantan memiliki bulu berwarna biru keunguan dan jambul merah. Sedangkan puyuh sengayan betina memiliki warna bulunya hijau kecoklatan dan jambul abu-abu.

Puyuh batu merupakan jenis endemik Indonesia. Habitat asli burung ini di dataran tinggi. Ukuran tubuhnya berkisar antara 15 sentimeter hingga 20 sentimeter. Bulunya berwarna hitam pekat.

Puyuh-gonggong Jawa hidup di dataran tinggi. Burung puyuh ini ukuran tubuhnya cukup besar, sekitar 23 sentimeter. Bulunya berwarna kemerahan, di bagian kepala terdapat tanda kehitaman yang berbentuk cincin.

Burung ini dikenal juga dengan nama puyuh tarun-tarun yang hidup bekelompok di habitatnya. Keunikan puyuh rimba Sumatera itu, karena suara kicauan yang keras dan merdu.

SITI NUR RAHMAWATI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.