Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Adalah? Ini Penjelasannya

Istilah makanan 4 sehat 5 sempurna mungkin sudah sering anda dengan sejak jaman dulu. Hal ini tidak aneh karena dari dahulu pemerintah selalu menggalakan kampanye kesehatan dengan slogan ini.

Lalu, apa sih arti dari makanan 4 sehat 5 sempurna dan apa saja makanan yang termasuk ke dalam kategori ini. Berikut ini adalah ulasannya :

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Secara sederhana, makan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mempunyai kandungan gizi secara lengkap. Mulai dari protein, karbohidrat, lemak, mineral dan juga berbagai jenis vitamin.

Makanan 4 sehat terdiri dari beberapa jenis makanan pokok, sayuran, buah buahan beserta dengan lauk pauk sebagai hidangan untuk menemani makanan pokok.

Sedangkan, 5 sempurna adalah makanan yang digolongkan sebagai pelengkap makanan utama. Makanan jenis ini terdiri dari jenis susu-susu an.

Adapun, tujuan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna ditujukan agar masyarakat Indonesia bisa menjalani pola hidup yang sehat, yakni, dengan selalu mengkonsumsi makanan bergizi dan juga tinggi serat.

Masyarakat Indonesia yang sehat akan membentuk lingkungan yang harmonis dan juga kesejahteraan hidup yang semakin meningkat.

Apa Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Sebetulnya, tadi kita sudah membahas tentang makanan yang tergolong pada makanan sehat dan sempurna. Namun, dalam sub bahasan ini kita akan membahasnya secara lebih rinci.

Makanan Pokok

Makanan yang utama yang harus dikonsumsi agar tubuh memiliki tenaga adalah makanan pokok. Makanan jenis ini biasanya mengandung karbohidrat yang tinggi.

Di Indonesia sendiri, umumnya makanan pokok berupa nasi yang berasal dari beras. Makanan satu ini sering dikonsumsi dengan beragam lauk pauk, baik yang dibuat dengan cara digoreng, dikukus ataupun dibakar.

Adapun, makanan pokok sebetulnya bukan hanya nasi saja. Di beberapa wilayah lain, ada yang menggunakan makanan pokok berupa singkong, jagung, kentang, gandum ataupun sagu.

Lauk Pauk

Lauk pauk adalah makanan yang biasa mendampingi makanan pokok. Masyarakat Indonesia disarankan untuk mengkonsumsi lauk pauk yang tinggi akan protein.

Makanan sejenis ini dapat ditemukan pada makanan yang berasal dari kacang-kacangan seperti misalnya tahu dan tempe.

Selain itu, makanan tinggi protein bisa juga ditemukan pada makanan berdaging, seperti misalnya daging ayam, daging merah, ikan, telor beserta makanan turunannya.

Sayur-Sayuran

Makanan ketiga yang termasuk 4 sehat adalah sayur-sayuran. Dengan mengkonsumsi ini diharapkan masyarakat Indonesia dapat terjaga dalam hal kesehatan mata, pencernaan serta memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Seperti diketahui, sayuran memang banyak mengandung vitamin yang tinggi. Utamanya pada sayuran yang memiliki warna hijau pekat.

Buah Buahan

Selain sayuran, ada juga buah-buahan yang perlu dikonsumsi secara rutin oleh masyarakat Indonesia. Sama seperti sayuran, buah-buahan juga banyak mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Adapun, untuk buah buahan terkadang masyarakat Indonesia secara umum memang jarang mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan harga buah-buahan kadang cukup mahal dan tidak terjangkau kalangan menengah kebawah.

Susu

Susu adalah makanan kelima yang menjadi pelengkap dari 4 makanan yang bersifat pokok. Dalam susu terdapat banyak kandungan mulai dari kalsium, protein, lemak, vitamin dan lain sebagainya.

Dengan mengkonsumsi susu, diharapkan kekurangan vitamin dan juga nutrisi karena kurang dalam mengkonsumsi 4 makanan pokok dapat ditanggulangi atau ditambal.

Nah, itulah makanan yang termasuk ke makanan 4 sehat 5 sempurna. Jika ingin hidup lebih sehat, sebaiknya kita mulai memperhatikan kembali makanan yang kita makan agar tidak memberikan efek yang buruk untuk kesehatan jangka panjang.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *